Thursday 1 November 2018

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA MANUSIA


Manusia mengalami pertumbuhan dan pekembangan. Tumbuh artinya bertambah ukuran, yaitu besar,tinggi, panjang, dan berat. Berkembang artinya mengalami peningkatan dari kanak-kanak menjadi dewasa. Jika pertumbuhan berkaitan dengan proses perubahan fisik, sedangkan perkembangan berkaitan dengan pertambahan kemampuan.

Pertumbuhan dan perkembangan selalu berkaitan erat. Perkembangan manusia terjadi seiring dengan pertumbuhannya. Perhatikan dirimu, saat bayi tubuhmu kecil dan pendek. Ketika kamu di kelas 1 SD, tubuhmu tidak sebesar, setinggi, dan seberat sekarang. Itu artinya kamu mengalami pertumbuhan.

Sejalan dengan pertumbuhan fisikmu, kamu juga mengalami perkembangan mental. Saat bayi kamu belum mampu bicara. Saat di TK kamu sudah mulai pandai bicara dengan kosakata terbatas. Sekarang kosakatamu pasti lebih banyak. Disamping itu, keinginan dan kemampuanmu dalam banyak hal juga bertambah. Itu artinya, kamu mengalami perkembangan.

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia adalah sebagai berikut.
1.                  Bayi, yaitu sejak kelahiran hingga usia 1 tahun
2.                  Balita, yaitu usia 1 sampai dengan 4 tahun
3.                  Anak-anak, yaitu usia 5 hingga 10 tahun
4.                  Remaja, yaitu usia 11 hingga 20 tahun
5.                  Dewasa, yaitu usia 21 sampai dengan 49 tahun
6.                  Tua, yaitu usia 50 sampai dengan 65 tahun
7.                  Lanjut usia, yaitu usia di atas 66 tahun

Perubahan yang sangat mencolok dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia terjadi pada masa pubertas, yaitu ketika seseorang meninggalkan masa kanak-kanaknya menuju masa remajanya. Pada masa itu, terjadi perubahan fisik yang sangat mencolok.

Berikut adalah perubahan fisik yang terjadi pada masa pubertas.

Anak Laki-laki

Anak Perempuan
1.
Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
1.
Tumbuhnya rambut halus di ketiak dan alat kelamin
2.
Suara jadi membesar
2.
Suara jadi melengking
3.
Tumbuh jakun
3.
Payudara membesar
4.
Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
4.
Panggul membesar

Perkembangbiakan Manusia
Perkembangbiakan pada manusia terjadi secara generatif. Perkembangbiakan secara generatif yaitu terjadi pelaburan sel kelaminjantan dan sel kelamin betina. Sel kelamin jantan disebut sperma dan sel kelamin betina disebut ovum

Testis menghasilkan jutaan sperma setiap hari. Sperma bergerak di sepanjang saluran sperma (vas deferens), lalu keluar melalui penis. Ovarium melepaskan satu sel telur setiap bulan. Telur akan dibuahi bila bertemu dengan sperma. Pembuahan terjadi di sepanjang tuba falopi menuju uterus (rahim). Dua hari setelah pembuahan, sel telur telah membelah menjadi empat sel. Sel-sl tersebut akan terus membelah hingga menjadi milyaran sel. Milyaran sel ini akan membentuk tubuh manusia. Bayi yang berusia 38-40 minggu sudah siap untuk dilahirkan. Beberapa minggu sebelumnya ia berputar dalam rahim. Selama proses kelahiran, otot dinding rahim mulai berinteraksi. Lapisan atau membran yang menyelubungi bayi pecah. Pecahnya lapisan ini akan mendorong bayi keluar memalui vagina.

0 comments:

Post a Comment