Friday 2 November 2018

KONDUKTOR DAN ISOLATOR


A.    BENDA-BENDA YANG BERSIFAT KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS
Berdasarkan mampu tidaknya menghantarkan panas, benda digolongkan menjadi dua, yaitu sebagai berikut :
1.      Benda Konduktor Panas
Benda konduktor panas adalah benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik. Benda konduktor mudah menghantarkan panas apabila di salah satu bagian terkena api, air panas, atau sinar matahari. Benda konduktor contohnya wajan, panci, sendok, kaca, aluminium, tembaga, kuningan, dan besi.
2.      Benda Isolator Panas
Benda isolator panas adalah benda yang tidak dapat menghantarkan panas dngan baik. Benda ini bila terkena api, air panas, atau sinar matahari di satu bagian tidak dapat atau lambat meneruskan ke bagian lainnya. Benda isolator antara lain kayu, tanah, tembok, kain, karet, dan kertas.

B.     PENGGUNAAN BENDA-BENDA KONDUKTOR DAN ISOLATOR
Dalam kehidupan sehari-hari benda konduktor banyak digunakan sebagai peralatan memasak, misalnya panci, teko/ceret, wajan, dan dandang. Alat-alat tersebut dapat dengan cepat menghantarkan panas. Selain pada alat memasak benda konduktor juga digunakan pada setrika dan solder/alat patri. Sedangkan benda-benda isolator cenderung digunakan sebagai penghambat/penahan panas. Benda tesebut digunakan pada pegangan setrika, pegangan sendok, pegangan serok, dan pegangan teko/ceret.
Contoh benda-benda lain yang bersifat konduktor dan isolator panas :
1.      Setrika
Pada setrika, bagian dasarnya terbuat dari logam sehingga dapat menghantarkan panas dari listrik. Sedangkan gagangnya terbuat dari kayu atau plastik agar tidak menghantarkan panas.
2.      Solder
Solder digunakan untuk membuat rangkaian elektronik. Ujung solder terbuat dari logam supaya dapat menghantarkan panas listrik dengan cepat. Gagang solder terbuat dari isolator, sehingga tidak akan terasa panas saat dipegang.
3.      Termos
Termos merupakan tempat yang dapat menghantarkan suhu benda di dalamnya. Termos digunakan untuk menyimpan air panas agar tahan lama. Badan termos tersusun dari dua lapisan kaca. Antara lapisan tersebut terdapat ruang vakum sehingga panas dari luar dipantulkan kembali. Penutup termos biasanya terbuat dari gabus atau plastik yang bersifat isolator.
4.      Alat patri
Alat patri digunakan untuk menambal panci yang bocor. Batang alat patri terbuat dari konduktor, sedangkan gagangnya terbuat dari isolator. Ketika hendak menggunakan alat ini, ujung batang patri dipanaskan beberapa saat lalu diangkat. Ujung batang yang panas tadi digunakan untuk melelehkan timah yang akan menutup kebocoran pada panci.
5.      Panci kaca
Panci kaca terbuat dari bahan keramik kaca yang tahan terhadap panas, sehingga tidak mudah pecah. Keramik kaca merupakan konduktor panas sehingga makanan yang dimasak dengan panci kaca akan cepat matang.
6.      Wol
Wol merupakan baju yang tebal yang dibuat dari kulit biri-biri. Wol termasuk isolator yang baik. Di daerah yang dingin, wol digunakan untuk menghangatkan badan dan menghambat hilangnya panas dari badan pada musim dingin.

0 comments:

Post a Comment