Tuesday 1 June 2021

1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

Dalam tulisan kali ini saya akan menuliskan kesimpulan materi yang sudah saya pelajari di modul 1.2. Nilai- nilai yang harus dimiliki oleh seorang guru penggerak adalah
 1. mandiri
 2. inovatif
 3. reflektif 
4. kolaboratif
 5. berpihak pada murid 

Nilai- nilai dan peran tersebut harus menjadi jati diri yang melekat pada seorang guru penggerak. Guru penggerak berperan besar dalam mewujudkan pembelajaran yang merdeka, membentuk karakter anak sesuai profil pelajar pancasila dan mencetak peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Nilai dan peran guru penggerak memiliki banyak keterkaitan dengan filosofi Ki Hajar Dewantara, karena menurut Ki Hajar dewantara, pendidikan itu ibarat tukang kebung,menghamba pada sang anak, memahami kodrat anak, memperbaiki laku dan budi pekerti. Untuk itu seorang guru penggerak harus mempunyai nilai mandiri, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan berpihak pada anak, supaya apa yang dicita- citakan KHD untuk menciptakan merdeka belajar dapat terwujud.

Strategi yang dapat saya lakukan untuk mencapai nilai tersebut adalah selalu berpikir positif, membuat komitmen diri, meningkatkan kemampuan berefleksi dan evaluasi, melakukan inovasi dan kolaborasi untuk menciptakan merdeka belajar, selalu membuka diri untuk menerima saran dan kritik.

Pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri saya antara lain:
1. Peserta didik
     Peserta didik selalu menjadi penyemangat saya untuk terus belajar, dari merekalah saya dapat mengevaluasi segala kegiatan yang saya lakukan.
2. Kepala Sekolah
Kepala sekolah saya merupakan sumber inspirasi, dari beliaulah saya belajar banyak hal,dan sumber semangat saya untuk terus maju. Beliau selalu memberikan izin saat saya akan mengembangkan diri.
3. Teman Sejawat 
    Bersyukur memiliki teman sejawat yang selalu mendukung, memberikan saran dan kritik terhadap  semua hal yang saya lakukan.
4. Diri Sendiri
    Motivasi yang kua untuk menjadi pendidik yang baik adalah kekuatan terbesar saya, motivasi  tersebut membuat saya selalu siap berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Demikian refleksi saya dalam mempelajari modul 1.2 dan saya kaitkan dengan filosofis Ki hajarDewantara. Semoga apa yang sudah saya pelajari dapat menjadi penyemangat saya untuk menjadi calon guru penggerak.

0 comments:

Post a Comment